Senin, 22 Desember 2014

Tips

TIPS MENGHINDARI JEBAKAN DS/MLM PALSU


Masyarakat yang ingin bergabung dengan jaringan bisnis penjualan langsung/ penjualan berjenjang DS/MLM, pertama kali harus pintar mengenali ciri-ciri DS/MLM Asli dengan DS/MLM palsu. Perusahaan DS/MLM palsu menggunakan skema piramid atau money game dan beroperasi secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi. 

Korban DS/MLM palsu tidak hanya dari masyarakat kalangan bawah, tetapi juga masyarakat menengah-atas seperti pejabat publik, politisi, pengusaha, eksekutif, dll. Perusahaan DS/MLM palsu tersebut beroperasi di kota-kota besar hingga ke pelosok desa. Kasus penipuan berkedok DS/MLM palsu sudah sering terjadi dimasa lalu, namun selalu saja muncul kembali akibat lemahnya aturan hukum dan lemahnya penegakan hukum.

Kasus penipuan dengan modus money game yang pernah terjadi di Indonesia antara lain: PT QSAR (Ramli Araby), YAKM (Yusuf Ongkowijoyo), PT Adess Sumber Hidup Dinamika (Add Farm), dll. Perusahaan MLM palsu yang menerapkan skema piramida banyak pula yang pernah beroperasi di Indonesia antara lain: GoldQuest Internasional, My 7 Diamond, dan PT Pohon Mas Mapan Sejahtera.

Ada beberapa tips sederhana yang dapat kita pakai agar kita dapat terhindar dari jebakan DS/MLM palsu. 
1. Jauhkan diri kita dari sikap mental "ingin cepat kaya raya dalam waktu singkat". Sikap serakah macam ini banyak menghinggapi bangsa kita sehingga menyuburkan praktik korupsi-kolusi-nepotisme serta praktik bisnis tidak sehat termasuk bisnis money game dan skema piramid. Orang yang memiliki sikap negatif seperti ini mudah tergoda untuk bergabung dengan jaringan DS/MLM palsu, sebab yang ada dalam pikiran mereka hanyalah bagaimana menjadi orang kaya mendadak, meskipun harus mengorbankan nasib banyak orang. Mentalitas menerabas ini semakin banyak diterapkan dalam masyarakat Indonesia antara lain karena kesalahan dalam menerapkan strategi pendidikan nasional.

2. Tumbuhkan sikap kritis dan keberanian untuk bertanya tentang segala hal. Sikap ini dibutuhkan agar kita dapat mengetahui dengan cepat modus penipuan yang biasa dilakukan oleh perusahaan DS/MLM palsu. Jangan takut untuk bertanya dan menggali informasi dari sumber-sumber lain sebagai pembanding. Hal-hal pokok yang harus kita tanyakan kepada perusahaan dan instansi terkait adalah :
  • Apakah perusahaan DS/MLM tersebut telah memiliki izin khusus berupa Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) dari instansi yang berwenang yanitu Kementrian Perdagangan Dalam Negri atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
  • Apakah perusahaan DS/MLM tersebut telah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)
  • Apakah bentuk badan usaha dari perusahaan DS/MLMtersebut sudah sesuai dengan Permendag 32/2008, yaitu harus berbentuk perseroan terbatas
  • Berapa biaya awal yang harus kita bayarkan untuk menjadi mitra usaha. Jika biayanya besar maka harus berhati-hati. Perusahaan DS/MLM asli biasanya membuat aturan yang mudah dan murah agar masyarakat dapat bergabung dan menghasilkan keuntungan dari hasil penjualan produk. Sebaliknya, perusahaan DS/MLM palsu sering menetapkan biaya awal yang sangat tinggi karena fokus mereka memang mencari keuntungan dari perekrutan anggota dan bukan kepada penjualan produk.
  • Apakah perusahaan mau membeli kembali produk yang tidak terjual, apabila kita ingin mengundurkan diri. Perusahaan DS/MLM asli memberi peluang para mitra usaha untuk mengembalikan produk dan starterkit jika kita tidak mampu lagi menjual produk. Sebaliknya, hal demikian tidak berlaku untuk bisnis DS/MLM palsu, sehingga untuk menutupi biaya yang telah dikeluarkan para mitra usaha akhirnya terpacu untuk terus merekrut anggota baru.
  • Apakah produk-produk perusahaan dijual sampai ke tangan konsumen. Hal ini perlu dipertanyakan sebab perusahaan DS/MLM palsu tidak berfokus kepada penjualan produk, melainkan berfokus kepada mencari uang dari biaya pendaftaran anggota jaringan. Produk dalam DS/MLM palsu hanya dapat digunakan sebagai kedok untuk menutupi niat jahatnya mengumpulkan dana masyarakat secara ilegal.
3. Kembangkan sikap mental senang mempelajari hal-hal baru secara mendiri. Pelajarilah segala sesuatu yang berkaitan dengan cara imvestasi yang benar, termasuk cara berinvestasi dalam bisnis DS/MLM. Luangkan waktu untuk membaca buku, majalah, koran atau mencari informasi melalui internet tentang cara berinvestasi dalam perusahaan DS/MLM. Jangan mudah percaya dengan omongan orang, meskipun orang tersebut adalah tokoh terkenal. Biasakan untuk bertanya kepada diri sendiri yakni bertanya kepada akal sehat dan nurani.

Dikutip dari buku MLM, Mone Game, dan Skema Piramid (IR.R Serfianto D. Purnomo, Iswi Hariyani, S.H., M.H, Cita Yustisia S., S.H)

Naah sekian tips tentang bagaimana menghindarkan diri dari bisnis DS/MLM palsu yaa :) :) Yukk pelajari dulu bagaimana systim bisnisnya sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dengan sebuah perusahaan DS/MLM yaa :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komen dengan bahasa yang sopan yaa :)