Jumat, 26 September 2014

MOTIVASI

BELAJAR SUKSES DARI LEBAH





Lebah adalah salah satu hewan yang memiliki keunikan tersendiri. banyak hal yang bisa kita pelajari dari seekor lebah yang merupakan hewan yang memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja yang bisa kita pelajari dari seekor lebah? 

Cukup berdiri didepan sarang lebah, dan mengamati makhluk pekerja keras itu, maka anda akan mendapatkan pelajaran hebat bagaimana untuk sukses. Percaya atau tidak, tapi itulah yang dikemukakan oleh seorang profesor dari Tamil Tandu Agricultural University, Dr N Ganapathy.

Menurutnya dengan mengadopsi etika bekerja lebah, seorang pekerja bahkan perusahaan, bisa mendapatkan kesuksesan besar. Apa saja pelajaran yang dapat diketik dari cara bekerja lebah?

1. Pembagian Tugas
Lebah memiliki lingkungan sosial yang terstruktur. Masing-masing lebah memiliki peran dan job desk masing-masing, serta menguasai perannya dengan baik. Secara genetik, mereka diprogramkan untuk tidak menyalahi wilayah yang bukan merupakan wewenangnya. Jika seorang pekerja mampu mengetahui perannya dalam perusahaan dengan baik, dan menguasai peran tersebut, maka kinerjanya akan meningkat dan perlahan akan mengantarkan pada kesuksesan. Begitu juga jika perusahaan mampu menerapkan hal ini, maka tak akan ada konflik peran.

Meski memiliki peran yang berbeda-beda, kawanan lebah hanya memiliki satu tujuan yang sama. Begitu juga dengan perusahaan. Pemimpin harus mampu menjabarkan tujuan profesional secara jelas, sehingga karyawan dengan berbagai macam peran melangkah bersama-sama untuk satu tujuan dimasa depan.

2. Semangat Kerja Sama
Kerja sama bagi lebah lebih penting dibandingkan dengan kompetisi. Tak seperti yang ada saat ini, dunia kerja sarat akan kompetisi, terutama perusahaan besar dan aktif. Banyak yang paranoid, seolah kedudukannya akan tergeser jika tak berkompetisi. Namun tidak bagi lebah. Mereka tau bahwa mereka tak mungkin mencapai tujuan seorang diri, sehingga mereka bekerja sama dan hidup rukun dengan rekannya.

3. Setia
Loyalitas adalah kunci kelangsungan hidup jangka panjang. Lebah setia terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Jika mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil madu dari satu bunga, maka mereka akan melakukannya secara terus-menerus. Pekerja yang baik juga harus setia pada pekerjaannya. Tak mudah berpaling dan tekun. 

4. Bekerja Keras
Pernah melihat lebah madu bekerja? Lebah yang sedang bekerja akan terus-menerus bekerja dengan giat, seolah nasib kawanannya sedang dipertaruhkan di tangannya. Tak ada keberhasilan yang bisa diraih tanpa kerja keras dan ketekunan. Mereka yang bermalas-malasan hanya akan semakin tinggal dan tergeser oleh mereka yang bekerja keras. Bekerja keras juga berarti bekerja secara profesional dan efektif dalam penggunaan waktu kerja. 

5. Tepat Waktu
Ketepatan waktu adalah etika profesional umum yang tak jarang dilanggar oleh semua orang. Bagi lebah, tak boleh ada kata terlambat. Mereka bergantung pada matahari saat mencari makan, sehingga lebah akan berangkat saat matahari terbit dan pulang saat matahari terbenam. Tepat waktu adalah cara lebah mendapatkan hasil yang optimal.

6. Kewajiban Dulu, Baru Hak
Bagi lebah, kepentingan kawanannya adalah yang harus diutamakan terlebih dahulu, baru kemudian kepentingan pribadinya. Mereka bekerja mengambil madu untuk kepentingan kawanan. Begitu juga dengan lebah yang bertugas menjaga sarang. Semuanya dilakukan demi kepentingan kawanan. Mungkin tak terlihat menyenangkan karena harus banyak berkorban. Namun dengan mendahulukan kepentingan kawannanya, sistim kerja lebah berjalan dengan lancar. karena semua mengesampingkan ego pribadinya, dan bersama-sama membangun kawanannya. Coba bayangkan jika lebah penjaga tak mau menjaga sarang karena egonya, maka lebah dan seluruh kawanannya akan terancam rusak dan mati. 

Nah, itu enam etika kerja lebah yang bisa kita pelajari. Dengan menerapkan sistim kerja lebah, maka anda akan semakin dekat dengan KESUKSESAN. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komen dengan bahasa yang sopan yaa :)