Sabtu, 27 September 2014

MLM

ORIFLAME HALAL ATAU HARAM?




Kalau dari segi produk, Insya Allah Oriflame itu HALAL yaa :) Tapi bagaimana dengan sistim bisnisnya? Yuk mari kita telaah lagi bareng-bareng. Untuk memutuskan MLM tersebut HALAL atau HARAM ada beberapa kriteria yang bisa kita pakai sebagai tolak ukurnya. Tidak bisa begitu saja memukul rata bahwa semua MLM itu HARAM. Karena sistim setiap perusahaan MLM itu berbeda-beda. Maka dari itu, suatu perusahaan MLM bisa dilihat HARAM atau tidaknya dari kriteria di bawah ini.

1. Riba (Transaksi Keuangan Berbasis Bunga)
Oriflame memberikan persentase keuntungan yang jelas kepada setiap konsultannya. Oriflame membagikan keuntungan yang diperoleh perusahaan bukan dari bunga, melainkan dari keuntungan menjual produk nyata kepada konsumen. Setiap penjualan satu produk oriflame, konsultan akan mendapatkan keuntungan langsung 23% dari harga produk yang tercantum dalam katalog.

2. Gharar (Kontrak yang Tidak Lengkap dan Jelas)
Kita sebagai konsultan oriflame, mendapat kontrak yang jelas bahwa keuntungan dari menjalankan bisnis oriflame adalah dengan diskon langsung dari Direct Selling (penjualan langsung, selisih harga produk di katalog dengan harga konsultan). Juga oriflame memiliki sistim plan yang jelas dalam sistim MLMnya. 

3. Penipuan
Oriflame berdiri di Swedia sejak tahun 1967 dan berada di Indonesia pada tahun 1986. Oriflame merupakan pelopor MLM di Indonesia pada waktu itu. Dan kalau oriflame pernah melakukan penipuan, tentu saja perusahaan ini sudah gulung tikar sejak dulu. Lebih dari 25 tahun berada di Indonesia cukup menjadikan bukti bahwa perusahaan ini bonafid dan dapat dipercaya.

4. Perjudian
Kalau masalah perjudian ini, kayaknya jauh banget ya dari oriflame. Apalagi transaksi spekulatif yang tidak ada produk riil atau nyatanya. Dibisnis oriflame semuanya jelas, ada produk nyatanya, dan keuntungan yang didapat oleh konsultan yang BEKERJA, bukan hanya ongkang-ongkang kaki saja. Jadi nggak ada unsur spekulasi dan judi dalam bisnis ini. Bisnis ini bersistimkan ADIL.

5. Kezaliman dan Ekspoitatif
Biasanya eksploitasi terjadi pada perusahaan yang menerapkan Money Game atau skema piramida. Jadi siapa yang duluan masuk dia yang untung dan yang dibawahnya yang pontang-panting. Kalau di oriflame, justru siapa yang paling BEKERJA KERAS, dia yang memetik hasil paling banyak. Oriflame menetapkan suatu sistim plan yang mengatur sampai mana omset suatu grup berpengaruh pada uplinenya, pada saat leader tersebut mencapai level tertentu, maka putus jugalah pembagian bonus upline diatasnya. Dan atas jasanya sang upline yang telah membangun grup tersebut, upline hanya diberikan passive income yang sudah ditentukan persennya. Jadi nggak ada yang namanya eksploitasi dan kezaliman, semuanya adil, transparan dan jelas.

IFANCA telah mengeluarkan edaran tentang produk MLM halal dan dibenarkan oleh agama. Dalam edarannya IFANCA, mengingatkan umat Islam untuk meneliti terlabih dahulu kehalalan suatu bisnis MLM sebelum bergabung didalamnya. Untuk mengkajinya menggunakan aspek :

1. Marketing Plan-nya apakah ada unsur skema piramidaatau tidak. Kalau ada unsur piramida yaitu distributor yang duluan pertama bergabung selalu diuntungkan dengan mengurangi hak distributor belakangan sehingga merugikan downline dibawahnya, maka hukumnya haram.

Oriflame tidak menggunakan skema piramida. Downline yang belakangan bergabung bisa saja lebih sukses dari uplinenya. Semua tergantung pada usaha masing-masing. Contohnya saja Cyntia Venika, konsultan nomor 1 di Asia bukanlah yang pertama bergabung dalam bisnis oriflame, nyatanya dia bisa menjadi no 1 di Asia dan no 6 di dunia berkat kerja kerasnya sendiri.

2. Apakah perusahaan MLM, memiliki track record positif dan baik ataukah tiba-tiba muncul dan misterius, apalagi yang banyak komtroversinya?
Oriflame sudah ada di Indonesia sejak tahun 1986 dan terbukti memiliki reputasi yang baik. Justru disaat krisis dunia seperti sekarang ini dimana banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya, oriflame malah buka kantor cabang baru di Manado dan di negara Kenya.

3. Apakah produknya mengandung zat yang haram atau tidak? Dan apakah produknya memiliki jaminan dikembalikan atau tidak?
Oriflame selalu menggunakan sari pati alami dalam pembuatan produknya. Garansi 100% uang kembali (syarat dan ketentuan berlaku). Oriflame mempunyai Skin Care Guide dan Beautiful Academy, buku dan training pengetahuan tentang produk. Ibarat minum obat dokter, beberapa produk oriflame perlu kita ikuti aturan pakai sesuai "dosis" jenis dan kebutuhan kulit. Misalkan Body Cream yang seharusnya kita pakai di badan, kita gunakan untuk wajah, dan kemudian wajah menjadi jerawatan, tentu garansi menjadi tidak berlaku.

4. Apakah perusahaan lebih menekankan aspek targeting penghimpunan dana dan menganggap produk tidak penting ataupun hanya sebagai kedok atau kamuflase, apalagi uang pendaftarannya cukup besar nilainya, maka perlu dicurigai sebagai arisan berantai (Money Game) yang menyerupai judi?
Bergabung di bisnis oriflame relatif sangat terjangkau dibanding dengan perusahaan MLM lain, dan hanya mendaftar sebagai konsultan tanpa berbuat apa-apa, tidak akan ada hasilnya.

5. Apakah perusahaan MLM menjanjikan kaya mendadak tanpa bekerja ataukah tidak demikian?
Oriflame tidak pernah menjanjikan akan kaya mendadak tanpa bekerja, sebaliknya tanpa kerja keras dan usaha bisnis ini tidaklah akan berhasil.

Selain kriteria penilaian diatas perlu juga diperhatikan hal berikut :
1. Transparansi penjualan dan pembagian bonus serta komisi penjualan, disamping pembukuan yang menyangkut perpajakan dan perkembangan networking atau jaringan dan level, melalui laporan otomatis secara periodik.
Oriflame selalu membagikan Activity Report yang dikirim kerumah yang merupakan laporan aktivitas consultan bersangkutan secara jelas dan transparan, serta sistim pembagian bonusnya pun jelas. Setiap member akan diberitahu bagaimana cara meghitung performa discount, sangat transparan.

2. Penegasan niat dan tujuan bisnis MLM sebagai sarana penjualan langsung produk barang ataupun jasa yang bermanfaat, dan bukan permainan uang (Money Game).
Oriflame sangat jelas produknya, Tidak ada iming-iming dalam bisnis ini. Produk yang dijual oriflame pun jelas manfaatnya. Untuk merias diri dan merawat tubuh. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya. Didalam Islam disebutkan, kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi memakai produk oriflame untuk membersihkan dan merawat diri jelas manfaatnya. Kalaupun kita tidak menggunakan produk oriflame untuk mandi misalnya, tetapi menggunakan sabun merk lain, kita sebagai konsultan lebih baik menggunakan oriflame, karena pengeluaran kita ini akan menjadi passive income nantinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komen dengan bahasa yang sopan yaa :)