Sabtu, 01 November 2014

NOVEL

KOLEKSI NOVEL ILANA TAN




Bicara novel lagi :D Kali ini aku akan posting koleksi novel aku dari Ilana Tan yaa :) Ilana Tan ini termasuk salah satu penulis favorit aku :) Dengan genre MetroPop :) Awalnya aku nggak pernah tertarik yaa untuk baca novel Ilana Tan ini :D Yaa karena genrenya itu tadi.. Dulu aku beranggapan, kalau novel dengan genre MetroPop itu membosankan banget.. Yaa maklumlah,, waktu itu aku masih suka novel berbau teenlit.. Novel ABG banget deeh pokoknya. Padahal kalau mau diliat dari umur, aku udah nggak pantes lagi baca novel teenlit kek begitu :D

Tapi yang namanya sesuatu hal yang nggak disuka, suatu saat bisa aja akan menjadi hal yang disuka banget yaa :D Yaa contohnya kek aku ini, Cewek yang awalnya sangat membenci novel MetroPop, sekarang malah berbalik menyukainya :) Dan bahkan aku nggak pernah bosan untuk terus membacanya berulang-ulang :D Sampe mamaku saja bosan melihat aku terus-terusan membaca novel yang sama :) Sudah menjadi hal yang rutin aku lakukan ketika libur smesteran untuk mengulang kembali membaca novel dari Ilana Tan ini :D

Yuuk sekarang kita mulai bahas satu persatu yaa :)

1. Summer in Seoul 



Novel ini paling aku suka ceritanya :) Nggak ngebosenin, walau endingnya aku udah bisa nebak, tapi setidaknya cara penuturan Ilana Tan dalam novel ini nggak bikin aku males untung nerusin baca sampe endingnya :D

Novel ini bercerita tentang seorang gadis blasteran Indonesia-Korea yang memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya di Korea.. Negara asal ayahnya. Gadis itu bernama Shandy. Shandy ini seorang gadis biasa saja yang tidak pernah mengira bahwa suatu hari nanti dirinya akan jatuh cinta dengan seorang penyanyi terkenal Jung Tae Wo.. Pertemuan mereka diawali dengan tertukarnya handphone Shandy dengan menejer Jung Tae Wo saat mereka sama-sama sedang antri di kasir untuk membayar belanjaannya. Shandy yang saat itu panik karena tidak bisa menemukan handphone nya, menumpahkan seluruh isi tasnya ke meja kasir. Dan saat itu handphone nya terletak tepat disamping handphone menejer Jung Tae Wo itu :D (Jujur, aku lupa siapa nama menejernya Jung Tae Wo ini )


Shandy yang merasa tidak bisa tenang karena handphone nya tertukar kemudian memutuskan untuk mengambil handphonenya ke rumah Jung Tae Wo. Disaat itulah mereka pertama kali bertemu. Tapi ternyata pertemuan mereka tidak berakhir sampai disini saja.. Mereka kembali bertemu saat Shandy mengantarkan pakaian untuk salah seorang artis yang akan memakai kostum hasil rancangan desainer, bos Shandy.. Ia tidak menyangka kalau artis yang dimaksud bos nya itu adalah Jung Tae Wo.. Jung Tae Wo juga sangat terkejut bisa kembali bertemu dengan Shandy..

Jung Tae Wo yang saat itu sedang dilanda gosip bahwa ia gay, kemudian memutuskan untuk meminta Shandy bekerja sama dengannya, Shandy harus membantunya dengan pura-pura menjadi kekasih Jung Tae Wo. Shandy yang saat itu penasaran, hal apa yang membuat banyak gadis tergila-gila dengan Jung Tae Wo memutuskan untuk membantunya :) Dengan syarat, wajahnya tidak boleh terekspos oleh media. Jung Tae Wo menyangguoi syarat Shandy yang dirasanya sangat mudah itu.

Foto mesra Jung Tae Wo dan Shandy sukses muruntuhkan persepsi bahwa Jung Tae Wo itu gay.. Tetapi siapa yang menyangka kalau akhirnya Jung Tae Wo malah jatuh cinta dengan Shandy. Shandy yang juga merasakan hal yang sama mencoba menyangkal perasaannya, karena Jung Tae Wo adalah orang yang telah menyebabkan kakak perempuan satu-satunya, Lisa meninggal setelah menghadiri jumpa penggemar Jung Tae Wo.. Bagaimana reaksi Jung Tae wo saat ia mengetahui bahwa Shandy adalah anak dari salah satu penggemarnya yang meninggal dunia sesaat setelah menyaksikan jumpa penggemarnya?? :)

2. Autumn in Paris



Novel ini dijamin deh bikin kalian nangis. Endingnya nggak bahagia.. Jujur, aku kurang suka ya kalau ending dari sebuah novel itu nggak happy ending :D Aku adalah soosk orang yang sangat mendambakan kehidupan yang happy ending :D Tapi novel ini nggak kalah menarik kok dibandingin dengan novel Summer in Seoul. Novel ini bercerita tentang gadis bernama Tara yang jatuh cinta dengan Tatsuya, cowok berdarah jepang yang notabene sahabat dekat dari sahabatnya Tara, Sebastian. Awalnya Tara nggak pernah ingin mengenal Tatsuya lebih dekat, karena saat itu ia menyadari bahwa dirinya sudah terlanjur jatuh cinta dengan Sebastian.

Tapi pada saat bertemu dengan Tatsuya, ia seperti merasa bahwa ia mengenal Tatsuya sebelumnya, Tara merasa Tatsuya mirip dengan seseorang. Yang sayangnya seseorang itu tidak dikutahui Tara :) Pertemuan pertama mereka terjadi di sebuah resto kecil yang menyediakan masakan Indonesia kesukaan Tara. Tara yang saat itu enggan berkenalan dengan Tatsuya memutuskan untuk menyediakan sedikit waktunya. Tara merasa sangat terkesan dengan Tatsuya. Karena Tatsuya adalah orang pertama yang dikenalnya di Paris, yang bisa menucapkan namanya dengan benar. Yaa wajar saja karena Tatsuya juga berasal dari Asia, sama seperti Tara.

Setelah bertukar cerita penilaian Tara terhadap Tatsuya pun mulau berubah. Dan saat Sebastian mengatakan kepadanya bahwa Tatsuya sedang jatuh cinta dengan gadis yang ditemuinya di bandara, Tara yang berprofesi sebagai oenyiar disuatu radio besar di Paris, mengusulkan kepada Tatsuya agar mengirim email ke radionya, dan jika cerita itu menarik akan dibacakan kepada penggemar.

Tatsuya hanya tertawa mendengar usul Tara dan berjanji akan memikirkan tawarannya. Tapi ternyata Tatsuya menerima usul Tara dan mengirimkan email dan menceritakan tentang gadis yang ditemuinya di bandara, yang ia beri nama "Gadis Musim Gugur". Cerita yang dikirim Tatsuya menjadikan dirinya banyak digemari gadis-gadis Paris yang begitu mendambakan laki-laki yang romantis dan penuh kasih sayang seperti Tatsuya. Tara yang awalnya tidak mengetahui bahwa Fujitatsu itu adalah Tastsuya juga merasakan hal yang sama. Sampai akhirnya ia mengetahui bahwa laki-laki itu adalah Tatsuya.

Karena penasaran dengan gadis musim gugur itu, Tara terus mendesak Tatsuya untuk memberitahu dirinya siapa sebenarnya Gadis Musim Gugur itu. Kedekatannya dengan Tatsuya kemudian menimbulkan perasaan yang berbeda dari Tara. Ia merasa sudah sepenuhnya jatuh cinta dengan Tatsuya. Tapi perasaan yang ia alami ini berbeda dengan yang ia rasakan kepada Sebastian. Tara, sama seperti kebanyakan perempuan lainnya sangat mendambakan bisa menjalani hari dengan sempurna bersama Tatsuya. Tanpa ia tahu bahwa Tatsuya ternyata adalah anak kandung ayahnya. Hasil hubungan ayahnya dulu dengan ibu Tatsuya yang dikenalnya saat ayahnya berlibur ke Jepang.

Mengetahui hal itu, Tara tidak sanggup mengubur perasaannya. Tatsuya yang juga merasakan hal yang sama memutuskan untuk meninggalkan Tara dan seluruh kehidupannya di Paris. Sampai akhirnya suatu kecelakaan merenggut nyawa Tatsuya.

3. Winter in Tokyo.


Novel ini menceritakan kisah seorang gadis yang setia menunggu laki-laki yang sudah disukainya sejak ia masih duduk disekolah dasar. Laki-laki yang membantunya menemukan kalung dari neneknya diantara tumpukan salju dimusim dingin. Gadis bernama Keiko ini tetap setia menunggu 15 tahun lamanya :D

Sampai akhirnya ia memiliki tetangga baru dari Amerika. Pertemuan pertama mereka ini unik. Keiko yang saat itu mendengar dari nenek pemilik apartemen bahwa penghuni baru itu tidak pernah keluar dari apartemen sejak ia sampai tadi siang. Keiko adalah anak dengan imajinasi yang tinggi. Mungkin karena dipengaruhi oleh hobi bacanya. Berpikiran buruk tentang seseuatu telah menimpa penghuni baru tersebut, Keiko nekat mengintip dan mencoba mendengar sedikit saja suara dari dalam.

Kazuto, (penghuni baru) yang saat itu baru bangun dan mendapati ada bayangan di balik pintu apartemennya, segera membuka pintu untuk memergoki siapa seseorang dibalik pintu tersebut. Keiko yang saat itu sedang menempelkan telinganya ke daun pintu, tak ayalpun menjadi jatuh karena sang telinga kehilangan sandarannya.

Keiko refleks berteriak saat tubuhnya jatuh terhempas ke lantai. Kemudian rasa sakit itu terlupakan, ia mendapati Kazuto sedang menatap tajam dirinya. Dan saat itulah pulalah momen Kazuto akhirnya bisa berkenalan dengan seluruh penghuni apartemen :)

Hubungan mereka yang cukup dekat membuat Kazuto akhirnya memilki perasaan yang berbeda terhadap Keiko :) Keiko yang juga sebenarnya merasakan hal yang sama, memungkiri perasaannya karena ia juga masih berharap suatu saat akan bertemu dengan Kitano Akira, sosok laki-laki yang sudah ditunggunya belasan tahun. Sampai akhirnya ia bisa bertemu dengan Kitano, sosok Kazuto pun seolah terlupakan. Tapi anehnya, Kitano tidak ingat memori masa kecil mereka walaupun Keiko sudah mencoba mengingatkannya.

Saat Natal menjelang, Kazuto mengantar Keiko ke stasiun karena Keiko saat itu ingin mengunjung orangtuanya di Kyoto. Sepulangnya dari stasiun, Kazuto dihadang segerobolan preman dan menghajarnya sehingga KAzuto harus masuk rumah sakit dan akhirnya mengalami hilang ingatan. Kazuto tidak pernah bisa mengingat kejadian sejak ia memutuskan untuk pindah ke Jepang. Itu artinya, semua momen kebersamaannya dengan Keiko juga hilang dari ingatannya.

Keiko yang mengetahui bahwa Kazotu tidak pernah pulang ke apartemennya sejak hari Natal pun menjadi panik. Ia  tidak ingin terjadi sesuatu dengan Kazuto. Sampai akhirnya takdir mempertemukan mereka kembali dalam sebuah acara reuni teman-teman SD Kitano. Keiko baru mengetahui kalau ternyata Kazuto adalah teman SD nya. Tapi saat itu Kazuto udah terlanjur melupankannya.

4. Spring in London


Kalau novel yang ini menceritakan tentang kembarannya Keiko ya :) Namanya Naomi Ishida :) Seorang model terkenal di Jepang yang kemudian pindah ke London karena ingin melebarkan sayapnya disana. Tapi ternyata di balik alasan kepindahannya ke London, Naomi mempunyai pengalaman pahit dengan salah seorang fans nya di Jepang.

Di London, Naomi terlibat dalam sebuah penggarapan video music Jung Tae Wo dengan pemeran laki-lakinya Danny Jo. Seorang model pakaian olahraga Korea yang sangat digandrungi remaja di sana. Tapi ternyata Danny Jo adalah orang yang sangat tidak ingin dikenal dan ditemui Naomi. Danny Jo yang tidak mengetahui apa penyebabnya mencoba untuk bersikap baik dan ramah terhadap Naomi. Dan bahkan menawarkan hubungan pertemanan yang sangat akrab. Hanya saja Naomi terus menolak dan seakan menghindari Danny.

Sikap Naomi yang menjaga jarak dengannya, membuat Danny penasaran dan terus mengejarnya. Ia ingin mendapatkan penjelasan kenapa Naomi seakan enggan berteman dengannya. Padahal seluruh penduduk Korea tau bahwa ia adalah sosok yang hangat dan ramah kepada siapa saja. Sikap Danny yang keukeh ingin mengajak Naomi berteman akhirnya membuat Naomi luluh dan menerima uluran persahabatan dengan Danny. Walau ia sadar bahwa suatu saat ia bisa saja jatuh cinta dengan Danny.

Semuanya tidak berhenti sampai disitu saja, masa lalu kelam yang berusaha dikuburnya rapat-rapat harus terbongkar didepan Danny. Danny ternyata adalah adik dari seseorang yang pernah memperkosanya dulu. Danny yang mengetahui berita tersebut jelas shock dan tidak bisa berbuat apa-apa. Ia lantas mengerti kenapa dulu Naomi seakan enggan mengenalnya. Tentu saja karena wajahnya mirip dengan sang kakak. Lalu Naomi kemudian memutuskan untuk berpisah dengan Danny. Dan berjanji akan menemui Danny kembali disaat hatinya telah siap dan Danny juga telah mencapai cita-citanya untuk menjadi sutradara.

5. Sunshine Becomes You


Novel ini asli bikin aku nangis kejer. Yaa endingnya tidak seperti yang aku harapkan :D Ini juga novel favorit aku dari Ilana Tan. Asli ya Ilana Tan itu nggak pernah kehabisan ide untuk bikin novel. Dan semua novelnya itu settingannya di LN :D Kali ini dari negara Amerika.

Alex adalah seorang pianis terkenal di Amerika. Kehidupannya serasa kelam saat ia bertemu dengan Mia Clark, gebetan adiknya Ray. Mia ini seorang penari :) Dengan pertemuan mereka disuatu pagi saat ia hampir jatuh bergulingan di tangga, Mia kemudian menyebabkan tangan kanan Alex patah dan itu artinya Alex tidak bisa melanjutkan konsernya minggu depan. Hal itu sedah cukup membuat Alex uring-uringan dan menganggap Mia adalah malaikat kegelapannya. Mia yang merasa bersalah menawarkan bantuan untuk membantu Alex mengurus apartemen dan memasak makanan untukknya selama tangan Alex dalam proses penyembuhan.

Perhatian dan kesabaran Mia menghadapi Alex membuat mereka semakin dekat. Tanpa Alex sadari ia mempunyai perasaan khusus terhadap Mia. Hanya saja ia tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mencari tau perasaan Mia kepadanya. Alex pun dihadapi dilema saat ia mengetahui bahwa sisa hidup Mia tinggal sedikit lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komen dengan bahasa yang sopan yaa :)